wegrow
post-imageHuda Nurul Quddus
Kebun Pangan

Followed
Kunjungan ke Kebun Pangan Suruur (Senin, 02 Agustus 2021)
Pagi tadi, WeGrow team berkunjung ke Kebun Pangan di Mesjid as-Suruur pukul 10.00 WIB. Kegiatan yang kami lakukan adalah mengganti baglog jamur yang sudah habis masa produktifnya dan berbincang santai dengan perwakilan ibu-ibu PKK dan DKM yang mengurus kebun pangan di sana. Pengurus di sana terlihat sangat antusias. Selain menambah skill, kegiatan ini juga dapat mendorong produktivitas karena kami bisa memanen jamur tiram dari kebun sendiri.

1  View all comments
2
353
post-imageRiska Dwi Noviyanti
Sayuran & Buah

Followed
Kecil Tapi Manfaatnya Banyak (Kamis, 22 Juli 2021)
Ngobrol tentang microgreen, ternyata diluar sana sudah banyak penelitian mengenai tanaman muda ini. Tim ilmuwan dari University of Maryland dan Departemen Pertanian AS menganalisis komposisi nutrisi dari 25 varietas microgreen yang tersedia secara komersial.Mereka menemukan bahwa secara umum daun kotiledon microgreen memiliki kepadatan nutrisi yang lebih tinggi daripada tanaman dewasa mereka (daun kotiledon adalah daun pertama yang tumbuh pada tanaman).Ada juga fakta menarik dari penelitian microgreen lainnya yaitu :Studi tahun 2012 tentang microgreens juga melaporkan bahwa bahkan sampel microgreen yang memiliki kadar vitamin C terendah mengandung 20 miligram vitamin C per 100 gram – itu hampir dua kali lipat jumlah vitamin C yang ditemukan dalam tomat! Wow, amazing !Microgreen kubis merah memiliki kadar vitamin C tertinggi di antara varietas yang diuji, dengan porsi 100 gram menyediakan 147 miligram – atau 245% dari nilai harian – nutrisi penting ini. Sebagai perbandingan, satu porsi kubis merah mentah yang matang mengandung 57 miligram vitamin C (USDA).Tapi, jangan lupa makan sesuai porsi yang sudah ditentukan WHO ya teman-teman, gizi seimbang !Ini dia microgreen kubis merah yg dimaksud ! Udah kaya vitamin C, cantik pula untuk mempercantik sudut rumah, ya ?!

0  View all comments
0
1258
post-imageRiska Dwi Noviyanti
Kombucha

Followed
Musuh Kombucha (Kamis, 22 Juli 2021)
Kok bisa ada belatung dan jamur lain ikut tumbuh ?Pada dasarnya lalat buah (Drosophila melanogaster) menyukai aroma the kombucha. Maka dari itu, sangat penting untuk kita agar menutup bagian mulut wadah fermentasi. Jika ada celah yang terbuka sedikit saja, lalat buah ini bisa masuk ke dalam, dan sangat memungkinkan dia untuk bertelur di dalamnya, Dan ternyata, lalat buah betina tidak hanya mengeluarkan 1 atau 2 telur, tapi bisa puluhan. Kemudian si telur akan berkembang jadi larva, nah ini yang sering kita sebut belatung !Belatung-belatung tersebut akan memakan scoby yang kita pelihara. Lalat buah juga dapat bersimbiosis mutualisme dengan bakteri sehingga apabila lalat buah meletakkan telur pada buah atau scoby selalu disertai bakteri lain yang tidak kita harapkan dan disusul dengan tumbuhnya jamur (mold). Jika kondisi lingkungan lembab dan kurang memiliki sirkulasi udara yang baik, akhirnya Scoby ditumbuhi jamur dan akhirnya membusuk. Air Teh yang dihasilkan pun akan mempunyai kualitas rasa yang tidak enak, biasanya aroma busuk atau basi. Jadi jika selama masa fermentasi, scoby teman-teman terkontaminasi oleh lalat buah dan ditumbuhi jamur (mold), lebih baik seluruh air teh dan baby scoby dibuang dan siap-siap membuat air teh yang baru. Maka dari itu, selalu sisakan atau buat hotel scoby atau starter cair di wadah yang berbeda agar jika hal itu terjadi, kita dapat membuat the kombucha yang baru.

0  View all comments
0
1262
post-imageHuda Nurul Quddus
Public

Followed
Membuat Media Tanam yang Baik (Senin, 19 Juli 2021)
Pernahkah kalian mendengar Istilah: "Media tanam dapat menentukan prestasi tanaman"?Yapp, ternyata benar! Media tanam yang baik dapat meningkatkan kualitas tanaman yang kita tanam.Seperti apa media tanam yang baik itu?Media tanam yang baik yaitu media tanam yang dapat menyimpan unsur hara untuk diserap oleh tanaman yang kita tanam.Terus, bagaimana cara membuat media tanam yang baik itu?Caranya sangat mudah kok! Seperti ini caranya:1. Siapkan alat dan bahanAlat yang kita gunakan cukup dengan wadah untuk membuat media tanam dan sekop untuk mengaduk. Sedangkan untuk bahan utamanya adalah tanah, pupuk (kandang/kompos), dan sekam/arang sekam. Kalian dapat menambahkan Pupuk Organik Cair (POC) untuk menambah unsur hara pada media tanam. Selain itu, POC juga dapat mengaktifkan bakteri penyubur tanah/media tanam.2. Meracik media tanamSetelah alat dan bahan disiapkan, selanjutnya adalah mencampurkan semua bahan utama ke dalam wadah. Aduk sampai tercampur rata dengan menggunakan sekop. Kemudian, tambahkan juga POC ke dalam campuran media tanam tersebut agar lembab. Ciri-ciri media tanam tersebut lembab adalah tidak kekurangan ataupun kelebihan air. Apabila digenggam tidak menetes air, atau tidak pecah setelah digenggam.3. Diamkan selama kurang lebih 7 hari untuk proses penyuburan media tanam. Setelah 7 hari media tanam tersebut siap untuk digunakan!Selamat mencoba! :)

0  View all comments
1
1718
post-imageRizky
Public

Followed
Produktif saat Isoman (Senin, 19 Juli 2021)
Masa PPKM ini membuat saya di rumah aja ga bisa kemana-mana, lama-lama bosan juga cuma nonton drama korea.Akhirnya ikutan workshop papermaking dari weGrow dan asik banget! Penjelasannya jelas dan sederhana jadi gampang diingat. Sekarang udah ga ada lagi limbah kertas bekas di rumah, udah saya daur ulang semua untuk jadi kartu ucapan hampers untuk teman-teman.

0  View all comments
1
1791
post-imageWegrow Admin
Kombucha

Followed
WeGrow Kombucha Workshop Kit

Untuk kamu yang telah membeli WeGrow Kombucha Workshop Kit Kami, silahkan ikut panduan yang tercantum di video ini!
Apabila masih ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk memberi komen!

0  View all comments
0
2366
post-imageWegrow Admin
Kebun Pangan

Followed
WeGrow Microgreens Kit Guide

Untuk kamu yang telah membeli WeGrow Microgreens Kit kami, silahkan ikuti panduan yang tercantum di video ini!
Apabila masih ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk memberi komen!

0  View all comments
0
2347
post-imageWegrow Admin
Yoghurt

Followed
WeGrow Mushroom Pottery Kit

Untuk kamu yang telah membeli WeGrow Mushroom Pottery Kit Kami, silahkan ikuti panduan yang tercantum di video ini!
Apabila masih ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk memberi komen!

0  View all comments
0
2345
post-imageWegrow Admin
Articles

Followed
WeGrow BeesWax Wrap Kit

Untuk kamu yang telah membeli WeGrow BeesWax Wrap Kit, silahkan ikuti panduan yang tercantum di video ini!
Apabila masih ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk memberi komen!

0  View all comments
0
2350
post-imageWegrow Admin
Articles

Followed
Ayo Kita Mulai Diet Plastik!

Setiap hari kita mengkonsumsi plastik. Sadarkah kamu bahwa kita sangat tergantung dengan plastik dalam keseharian kita? Pembungkus makanan, minuman, pakaian, sampul buku, bahkan selang infus pun berbahan plastik.

Dalam sebuah laporan Jenna Jambeck di tahun 2015, Indonesia adalah polutan laut terbesar kedua di dunia setelah India, dengan menyumbangkan sekitar 1,29 juta ton sampah plastik ke laut.

Bahkan ada plastik di makanan yang kita makan, di air yang kita minum, dan di udara yang kita hirup. Sayangnya, kita tidak menyadari bahwa plastik yang masuk ke tubuh kita dapat membuat kita sakit. Bahan kimia dalam plastik dan juga partikel plastik dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung, Alzheimer, demensia, Parkinson, arthritis, impotensi dan bahkan membahayakan janin.

Sebuah studi yang dilakukan University of Newcastle di Australia telah dapat membuat perhitungan rata-rata berat microplastic yang dikonsumsi kita sehari-hari.

Mengingat berbahayanya sampah plastik yang semakin berlimpah ini, kita perlu berdiet plastik. Dengan berdiet plastik kita telah menunjukkan kepedulian kita terhadap kesehatan manusia, mencegah berlimpahnya limbah plastik ke lingkungan, dan mengurangi produksi plastik di kemudian hari.

Diet plastik yang dimulai dari kita adalah membiasakan tidak pakai sedotan sekali pakai. Selalu membawa wadah sendiri jika membeli jajan makanan atau minuman. Selalu membawa reusable bag jika kamu berbelanja. Dengan berkurangnya konsumsi plastik seperti ini, produsen plastik juga akan mengurangi produksi plastik sekali pakai.

Sumber:
https://www.plastichealthcoalition.org
https://yourplasticdiet.org/
https://www.cnbcindonesia.com

0  View all comments
0
2373
post-imageWegrow Admin
Kebun Pangan

Followed
Liburan bersama Microgreen WeGrow®

Libur panjang sudah terbayang di depan mata, nih! Sudah terbayang akan melakukan apa? Kalo belum punya rencana apa-apa, gimana kalo liburan bersama microgreen WeGrow®?

Kenapa harus liburan sama microgreen WeGrow®? Berikut ini adalah alasan-alasan liburan bersama microgreen WeGrow® yang perlu kamu tahu:

Latihan Kesabaran
Sejak hari pertama menumbuhkan microgreen hingga panen, kamu akan latihan sabar. Sebab, meskipun tanah dan bibit microgreen WeGrow® sudah dimodifikasi agar tidak gagal saat ditanam, tetap saja membutuhkan waktu yang tidak instan untuk dipanen. Tentu saja ini akan melatih kesabaran kamu dari mulai menanam hingga panen. Jadi, kalo kamu tipe grasa-grusu nggak sabaran dan pemarah, menanam microgreen WeGrow® bisa jadi solusi berlatih disiplin dan bersabar.

Pembiasaan Melakukan Pengamatan
Serbuan hasil teknologi maju mengakibatkan sebagian orang hanya menjadi forwarder atau penerus pesan, tanpa mau meluangkan waktu memeriksa kebenaran dari pesan-pesan yang diteruskan tersebut. Dan kebiasaan ini menular, lho! Sehingga kabar bohong yang diteruskan tanpa klarifikasi menjadi tampak benar. Tentu saja ini dapat berakibat fatal karena bagaikan bom waktu yang dapat meledak sewaktu-waktu. Jika kamu termasuk salah satu forwarder ini, maka kamu perlu menanam microgreen WeGrow®. Sebab, dengan menanam microgreen, kamu akan terbiasa melakukan pengamatan. Mulai dari menebarkan benih hingga memanennya, kamu akan melalui fase-fase pertumbuhan microgreen yang mau tidak mau akan membuatmu melakukan pengamatan.

Belajar Menghormati Petani
Empati tidak tumbuh dengan sendirinya. Empati itu ditumbuhkan dengan ikut merasakan sendiri, meski dengan skala berbeda. Dengan menanam microgreen, kamu akan lebih menghargai jerih payah petani di luar sana yang rela berpanas-panasan menanam semua yang bisa kamu makan sekarang ini, lho! Menanam microgreen memang tidak perlu berpanas-panasan seperti para petani di luar sana. Namun, kamu akan tahu bahwa untuk mencapai tujuan kamu, kamu harus berusaha dan bekerja keras. Kamu akan tahu bahwa menanam sayuran yang sampai di piring kamu itu perlu proses yang cukup lama. Dengan melakukannya sendiri, empati kamu akan terbentuk dan kamu semestinya akan lebih menghargai jerih payah para petani dan menghormati mereka.

Latihan Disiplin dan Tanggungjawab
Kamu harus rutin memeriksa tanaman kamu dan menyiramnya sesuai jadwal. Tidak disiplin menyiram dan memperlakukannya sesuai petunjuk, akan mengakibatkan kerugian. Tanaman yang sedang kamu tumbuhkan akan mati karena kurang kasih sayang dari kamu. Jika disiplin dan tanggung jawab kamu sudah terlatih melalui menanam microgreen WeGrow®, dalam kehidupan keseharian kamu juga akan lebih disiplin dan bertanggung jawab. Dampaknya lumayan kan, untuk perbaikan hidup kamu?

Membiasakan Diri Membuat Dokumentasi
Ini tidak wajib, tapi tak ada salahnya dicoba. Membuat dokumentasi dari sejak awal kamu menanam hingga panen. Dokumentasi yang kamu buat bisa berupa foto yang dicetak lalu disimpan dalam album dan ditambahkan cerita seperti scrapbook atau berupa gambar tangan kamu atau mungkin tabel-tabel pertumbuhan yang ditambah cerita pengalaman kamu hari itu. Tentu ini seru, karena akan melatih kamu untuk mendokumentasikan pengalaman kamu sekaligus memberikan sentuhan lain pada cara kamu menanam.

Nah, dengan alasan-alasan tadi, kenapa nggak kamu bikin liburan kamu lebih seru dengan menanam microgreen WeGrow®? Segera rencanakan liburanmu bersama microgreen WeGrow®!

1  View all comments
2
2389
post-imageWegrow Admin
Articles

Followed
Microgreen sebagai Nutrisi Otak

"Menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa itu pilihan."
-pepatah

Menurut pepatah di atas, seiring dengan berjalannya waktu, semua makhluk hidup mengalami perkembangan. Tidak terkecuali kamu.

Kamu bertumbuh dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa lalu menjadi tua. Semua makhluk hidup akan mengalami fase tersebut.

Nah, kamu mungkin tahu bahwa ketika manusia berusia lanjut bisa mengalami risiko berkembangnya gangguan otak seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

Karena masih muda, tentu kita berpikir bahwa menjadi tua itu masih lama, yang membuat kita tidak mau repot-repot menjaga kesehatan. Padahal, ketika gangguan itu sudah terjadi, kamu tidak akan pernah bisa menghentikannya lagi.

Itu sebabnya, kita harus dari sekarang menjaga kesehatan, supaya ketika kita beranjak tua, tubuh kita sudah siap menjaga diri dari gangguan-gangguan itu.

Salah satu di antaranya adalah menjaga pasokan nutrisi untuk otak kita. Tanpa diniatkan untuk mengurangi risiko demensia atau alzheimer sekalipun, vitamin untuk otak sebetulnya dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif kita.

Nah, apa saja vitamin yang bisa jadi nutrisi untuk otak kita?

Menurut informasi Alodokter yang ditinjau oleh dokter Kevin Adrian?1, vitamin-vitamin yang dibutuhkan otak itu antara lain:

Vitamin B1
Kekurangan vitamin B1 atau tiamin dapat menyebabkan gangguan otak yang membuat penderitanya mengalami kebingungan, amnesia atau hilang ingatan, sulit memahami informasi yang diterima, bahkan berhalusinasi. Jadi kalo misalnya kamu merasa gebetan kamu senyum dari kejauhan sama kamu padahal sebenernya nggak, bisa jadi kamu kekurangan vitamin B1 yang membuat kamu jadi berhalusinasi.

Vitamin B12
Vitamin B12 berperan dalam pembentukan mielin, lapisan pelindung saraf otak. Vitamin ini melindungi otak dari kerusakan saraf, mencegah hilang ingatan,dan menjaga kestabilan suasana hati dan daya konsentrasi. Bisa dipastikan kalo kamu terlalu sering galau, jadi hilang ingatan gara-gara baru putus cinta, kayaknya kamu kekurangan vitamin B12.

Vitamin B6
Nah, fungsi Vitamin B6 selain membantu perkembangan otak dan menjaga supaya otak dapat tetap berfungsi dengan baik, juga berperan dalam proses produksi serotonin dan norepinephrine dalam rangka menjaga suasana hati dan membantu otak mengendalikan stres. Jadi ya kalo kamu gampang frustasi karena cewek kamu selalu bilang "terserah", terus pas kamu kasih pilihan kamu lalu dia ngambek, bisa jadi kamu kekurangan vitamin B6.

Vitamin E
Bahayanya kekurangan vitamin E adalah tubuh menjadi mudah terpapar radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan otak, seperti penurunan daya ingat, pikun, dan penyakit Alzheimer. Jadiiii, kalo ada orang yang mudah lupa kalo dia punya hutang sama kamu, mungkin sekali dia kekurangan vitamin E.

Vitamin C
Vitamin C punya sifat antioksidan penting yang melindungi otak dari radikal bebas dan mencegah penyakit Alzheimer. Vitamin C juga dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi dan kemampuan kognitif seseorang. Nah, kalo kamu nggak bisa berkonsentrasi sama pelajaran atau kuliah kamu gara-gara kamu cuma bisa ingat gebetan kamu, bisa jadi kamu kekurangan vitamin C.

Dari semua masalah di atas, WeGrow punya solusi untuk menjaga kesehatan otak kita, lho! Konsumsilah microgreen yang kami sediakan! Kenapa? Sebab, semua vitamin yang dapat menutrisi otak kita ada semua di setiap helai microgreen. B1? Ada! B12? Ada! B6! Ada lah! Vitamin E dan C? Ada banget! Masih ditambah Kalium, Magnesium, Zinc, dan masih banyak lagi!

Jadi, semua kegalauan, halusinasi, hilang fokus, bahkan gangguan lupa ingatan bisa dicegah sejak sekarang dengan rajin mengonsumsi microgreen. Yuk, mulai!

1 Vitamin yang Wajib Anda Konsumsi - Alodokter

0  View all comments
2
2407
post-imageWegrow Admin
Jual Beli

Followed
Sedia Microgreen Sebelum Kekurangan Vitamin

Di keseharian kamu, apakah kamu pernah merasakan hal-hal berikut:

Sering kram, rambut rontok, ruam di wajah, infeksi di gusi, mati rasa pada beberapa anggota tubuh, ada warna kuning di bagian putih mata, dan... ada benjolan di tangan dan pinggul?1

Itu artinya kamu kekurangan vitamin! Kamu pernah dengar istilah avitaminosis? Itu adalah istilah untuk kekurangan vitamin.

WeGrow yakin kamu pasti sebenernya tahu bahwa mengonsumsi sayuran itu akan memenuhi kebutuhan vitamin kamu. Kami tahu banyak dari kamu yang nggak suka sayur karena rasanya aneh dan sebagainya.

WeGrow punya solusi. Kuncinya: kamu hanya perlu rajin saja.

Buat kamu yang nggak suka makan sayur, mengunyah microgreen adalah alternatif makan sayur yang menyenangkan, karena sebetulnya nggak perlu repot menyiapkannya, selain kamu harus bersabar menunggu panen. Tapi untuk sediaan setiap hari, kamu tentu bisa dong menanam beragam jenis bibit microgreen?

Nah, tips dari WeGrow mulailah dengan membeli bibit WeGrow 2-3 jenis tanaman setiap bulannya dan menanam selisih 10 hari per tanaman.

Satu kit microgreen WeGrow memiliki masa panen 10-14 hari dari sejak tanam, maka 2-3 bibit sebulan, cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian kamu, lho.

Setelah dipanen, simpan sebagian microgreen di lemari pendingin dengan dibungkus kertas koran lalu masuk wadah kedap udara. Ambil sebagian jika sudah dibutuhkan, cuci sebelum digunakan.

Perlu kamu ketahui, ketika baru dipanen dan akan disimpan, microgreen hasil panen kamu sebaiknya tidak dicuci terlebih dulu, sebab bila tersentuh air, akan mempercepat pembusukan microgreen yang sudah kamu panen.

Ambil secukupnya saja untuk jadi garnish atau teman makan kamu. Kenapa sedikit? Kan kamu lagi latihan makan sayur… Sedikit-sedikit aja, tapi konsumsi setiap hari.

WeGrow sudah menyajikan resep-resep mudah yang bisa kamu lakukan. Dengan begitu, kamu akan menikmati makanan hasil kreasimu sendiri dan kamu juga sehat serta terhindar dari kekurangan vitamin.

Rasa microgreen tidak begitu tajam dan tidak perlu banyak bumbu, dan sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah agar penyerapan semua zat yang kamu butuhkan yang disediakan microgreen optimal.

Masih mau menunda makan sayur?

Segera tanam, panen, dan konsumsi microgreen sebelum kamu mulai rutin merasakan keluhan-keluhan di atas, ya!

1 Referensi mengenai gejala avitaminosis: IDN times

0  View all comments
1
2367
post-imageWegrow Admin
Sayuran & Buah

Followed
Sandwich Microgreen Bawang Daun

Sudah lama ya, WeGrow nggak kasih kamu tips atau resep makanan dengan bahan microgreen. Kali ini, kami akan kasih kamu resep sederhana tapi nendang banget rasanya : Sandwich Microgreen Bawang Daun.

Sandwich praktis dan mudah sekali membuatnya. Kamu bisa menjadikan sandwich buatanmu sebagai bekal atau makan siang. Satu porsi sandwich microgreen bawang daun dapat mencukupi kebutuhan empat sehat lima sempurnamu, lho!

Mudah membuatnya, semua kebutuhan gizi harian kamu juga terpenuhi. Keren, kan?

Bahan:
Dua lembar roti gandum tawar
Susu cair sekitar 150 ml
1 butir telur, rebus dengan metode hard boiled (keras), kupas dan iris tipis
Tomat, diiris tipis
Microgreen bawang daun, 50 gram
Merica (optional)
Garam (optional)
Margarine
Minyak zaitun (optional)
Salad dressing (pilih salah satu saja : mayonnaise, thousand island atau blue cheese)
Cheese cream/keju lembaran (optional)
Saus tomat (optional)
Saus sambal (optional)

Cara membuat:
1. Tuangkan susu cair ke piring atau mangkuk lebar, campur merica bubuk hingga merata (jika suka).
2. Masukkan dua lembar roti, rendam sebentar dengan susu.
3. Panaskan margarine di atas wajan pemanggang atau wajan anti lengket, panggang roti di atasnya, bolak balik hingga kecoklatan, sisihkan.
4. Panaskan minyak zaitun sebentar, masukkan tomat, taburi merica dan garam, panggang hingga agak garing, sisihkan.
5. Oles salad dressing ke permukaan masing-masing roti.
6. Susun bahan-bahan sebagai berikut : selembar roti, tomat panggang, irisan telur rebus, keju krim/lembaran, microgreen bawang daun, taburi saus tomat atau saus sambal (jika suka) dan tutup dengan lembaran roti lainnya. Potong dua, sajikan.

Gimana? Gampang banget kan? Semua bahannya mudah didapat di minimarket terdekat, kecuali microgreen bawang daun yang harus kamu tumbuhkan dulu :D

3  View all comments
3
2378
post-imageWegrow Admin
Sayuran & Buah

Followed
Bawang Daun : Bawang Musim Semi

Bawang daun dikenal juga dengan green onion, spring onion, scallion, atau juga salad onion. Bawang daun memiliki nama latin Allium Fistulosum.

Rasa dan bau bawang daun mirip dengan bawang bombai.

Tanaman bawang daun berbentuk bulat, memanjang, berlubang menyerupai pipa, dan bagian ujungnya meruncing. Bawang daun bisa digunakan sebagai bumbu atau penyedap pada masakan, atau juga menjadi hidangan pendamping (side dish) seperti kimchi bawang daun pada hidangan Korea.

Kamu bisa menemukan bawang daun ada di berbagai masakan Indonesia. Sebut saja gorengan, telur dadar, sup, soto, maupun bakso. Bahkan mi instan rebus pun bila perlu diberi irisan bawang daun sebagai taburan. Sebab, selain mi instan rebus menjadi tampak lebih cantik, irisan bawang daun juga memberikan tambahan rasa yang menyenangkan.

Meski dinamai spring onion atau bawang musim semi, namun sebenarnya bawang daun dapat tumbuh kapan saja, sepanjang tahun, karena bawang daun bukan termasuk tanaman musiman.

Bawang daun mengandung anti inflamasi, sehingga bawang daun dapat membantu peradangan pada tubuh.

Tidak hanya sebagai anti inflamasi, bawang daun juga bermanfaat sebagai anti bakteri, anti oksidan, anti protozoal dan anti jamur. Bawang daun juga kaya akan sumber vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, tiamin, serat makanan, vitamin B2, vitamin K, fosfor, tembaga, kalium, kromium, mangan, zeaxanthin, zat besi, magnesium, asam folat, lutein, dan beta karoten.

Karena kandungan-kandungan yang terdapat pada bawang daun, selain sebagai pereda peradangan, bawang daun dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan mencegah penyakit kanker.

Aroma microgreen bawang daun tidak sekuat aroma bawang daun dewasa. Sehingga, untuk kamu yang nggak suka aroma bawang, microgreen bawang daun bisa jadi pilihan untuk tetap mendapatkan khasiatnya.

Tentu saja semua kandungan hebat bawang daun ada di microgreen bawang daun. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, tanam dan makan microgreen bawang daun!

0  View all comments
1
2347
post-imageWegrow Admin
Tanaman Hias

Followed
Cilantro yang Kaya Lutein

Cilantro di Indonesia dikenal juga dengan nama Daun Ketumbar. Bentuknya mirip dengan seledri maupun peterseli, namun sesungguhnya sangat berbeda. Baik cilantro maupun ketumbar (coriander) memiliki nama ilmiah Coriandrum Sativum.

Cilantro yang dipetik saat masih muda, mengeluarkan aroma khas dan dapat menetralisir bau amis jika dimasak bersama seafood atau boga bahari. Cilantro dikenal menjadi salah satu bumbu utama pada sup khas Thailand, TomYam.

Berbeda dengan ketumbar yang justru menjadi salah satu bumbu khas masakan Indonesia, cilantro termasuk jarang digunakan pada masakan Indonesia.

Cilantro sudah sejak ratusan tahun lalu digunakan untuk berbagai masakan di Tiongkok. Bahkan dipercaya sebagai peningkat gairah seksual (aphrodisiac).

Cilantro dalam bentuk microgreen memberikan efek segar pada makanan, sehingga enak dijadikan topping maupun bahan masakan.

Dibandingkan dengan microgreen lain, microgreen cilantro memiliki level menengah ke sulit saat menumbuhkannya. Dibandingkan dengan microgreen jenis tumbuhan lain, microgreen cilantro membutuhkan waktu lebih lama untuk bertumbuh.

Bibit-bibit microgreen yang menjadi produk utama WeGrow (seperti caisim, bawang daun, lobak merah, kubis merah, dan bunga matahari) rata-rata memiliki waktu panen 10-14 hari, sementara microgreen cilantro memerlukan waktu setidaknya 20 hari untuk panen. Kelebihannya, cilantro tetap dapat dipanen meski sudah melewati waktu panennya.

Sama halnya dengan microgreen lainnya, microgreen cilantro juga mengandung vitamin K, vitamin C, vitamin E, lutein dan beta-karoten. Di antara semuanya, microgreen cilantro paling kaya akan lutein dan beta-karoten.

Apakah lutein itu? Lutein adalah salah satu jenis vitamin yang disebut karotenoid, yaitu pigmen organik yang terdapat pada makanan, seperti bayam, brokoli, cilantro, dan lainnya. Senyawa ini dapat diserap tubuh dengan baik jika dikonsumsi dengan makanan tinggi lemak.

Lutein berperan sebagai pigmen warna pada mata manusia yang berfungsi sebagai penyaring cahaya dan melindungi jaringan mata dari kerusakan akibat sinar matahari.

Cilantro bermanfaat untuk mengurangi peradangan, mencegah gangguan mata, pembekuan darah, osteoporosis, anemia, dan alzheimer, mengurangi nyeri saat menstruasi dan bau badan, mengatasi masalah pencernaan, menyembuhkan infeksi saluran kemih, menenangkan saraf, menurunkan kadar gula pada darah, sebagai detoksifikasi, juga sebagai diuretik alami yang bermanfaat mengeluarkan urine atau air seni lebih banyak yang dapat mencegah batu ginjal.

Saat ini, pengembangan paket kit microgreen cilantro masih dalam riset tim WeGrow sebelum dipasarkan menambah varian bibit microgreen yang sudah ada. Tunggu saja ;)

0  View all comments
1
2356
post-imageWegrow Admin
Articles

Followed
Bunga Matahari yang Selalu Setia pada Matahari

Tuk ku tuk lewat lorong sempit
Tuk ku tuk Hamtaro berlari
Apa yang paling dia senangi
Biji bunga matahari
Yaa Hamtaro berlari
- OST Hamtaro -

Sekitar akhir tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an, di Indonesia pernah tayang film anime Hamtaro, seekor hamster lucu yang sangat menyukai biji bunga matahari.

Secara langsung, anime tersebut memperkenalkan hamster dan bunga matahari, di mana biji bunga matahari adalah salah satu makanan hamster. Tidak kalah dengan hamster, manusia juga menyukai kuaci bunga matahari yang sedap itu.

Bernama Latin Helianthus annus L, bunga yang juga dinamai sebagai bunga matahari atau sun flower sebab bunga ini tumbuh ke arah matahari, di mana perilaku ini dikenal dengan istilah "heliotropik". Sedangkan pada malam hari, bunga matahari akan menunduk ke bawah, seperti layu.

Biji bunga matahari dapat diolah menjadi minyak dengan kadar kolesterol rendah yang dapat digunakan sebagai minyak sayur juga menjadi bahan baku industri kosmetik dan pelumas.

Dalam bentuk microgreen, tanaman bunga matahari juga memiliki banyak manfaat, lho! Di antaranya dapat mengurangi peradangan dari kandungan flavonoid-nya. Microgreen bunga matahari juga dapat mengurangi tekanan darah sebab mengandung magnesium dan asam lemak tak jenuh.

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi microgreen bunga matahari dapat mengurangi gula darah hingga 10% sebab kandungan asam klorogenat senyawa tanaman.

Buat kamu yang sedang diet, tidak apa makan roti dengan tambahan topping microgreen bunga matahari, lho! Sebab, microgreen bunga matahari dapat mengurangi efek karbohidrat pada gula darah kamu. Proteinnya juga memperlambat waktu pengosongan perut dan memungkinkan pelepasan gula dari karbohidrat secara bertahap, sehingga kamu nggak cepat lapar.

Sekadar tips, ketika sudah tumbuh sebagai microgreen, 10-12 hari dari masa tanam, segeralah panen dan konsumsi. Lebih dari itu, akan tumbuh bulu di sekitar tumbuhan yang bagi sebagian orang rasanya kesat.

Ayo, jangan tunda-tunda menanam dan mengonsumsi microgreen bunga matahari, nih! Segera rasakan manfaatnya!

0  View all comments
1
2354
post-imageWegrow Admin
Kebun Pangan

Followed
Bit Merah

Bit (beetroot) adalah sejenis sayuran yang memiliki umbi berwarna keunguan. Warna merah keunguan ini berasal dari betasianin, yaitu pigmen yang memberi warna merah pada bit.

Bit mengandung serat yang tinggi, kaya zat besi, dan lainnya, sehingga bit diyakini mampu mencegah berbagai macam penyakit seperti sembelit, kolesterol, anemia, lever, hingga kanker.

Bit juga kaya akan karbohidrat yang mudah menjadi energi serta zat besi yang membantu darah mengangkut oksigen ke otak.

Kandungan nutrisi dalam bit yaitu asam folat dapat menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak, sementara Kalium dapat memperlancar keseimbangan cairan dalam tubuh.

Bit dapat melindungi banyak organ penting seperti ginjal kantung empedu dan hati. Bit juga mengandung zat anti radang yang membantu meredakan gejala alergi juga memperbaiki siklus haid.

Bit juga dapat digunakan sebagai obat sakit kepala karena pengar akibat mabuk, sebab kandungan pigmen Betasianin merupakan antioksidan yang dapat mempercepat detoksifikasi alkohol di dalam hati.

Umbi bit dapat digunakan sebagai aphrodisiac (zat perangsang birahi) sebab bit memiliki kandungan boron yang tinggi, yang berhubungan langsung dengan produksi hormon seksual manusia.

Kandungan betain dan triptofan dari bit juga dapat merelaksasi pikiran dan digunakan untuk mengurangi depresi. Kandungan gula di dalam umbi bit termasuk yang paling tinggi di antara sayuran lain, hingga kurang lebih 10 persen.

Bit dapat dikonsumsi dalam bentuk segar maupun olahan, karena tidak semua orang suka baunya yang getir. Bit dapat diolah dengan cara dikukus lalu diblender menjadi jus.

Jus umbi bit dapat digunakan untuk tes litmus, yaitu menentukan sifat asam-basa suatu larutan, jus akan berubah menjadi warna pink ketika asam dan kuning ketika basa. Sejak abad ke-16, jus bit digunakan sebagai pewarna alami. Bangsa Victoria bahkan menggunakannya untuk mewarnai rambut.

6  View all comments
5
2408
post-imageWegrow Admin
Articles

Followed
Kale yang Terkenal

Kale (dibaca “keil”) adalah sayuran yang kaya akan vitamin, mineral, dan fitonutrien yang dapat menangkal beragam penyakit.

Nama “kale” berasal dari bahasa Skotlandia, “kail”, yang berarti tanaman. Dengan nama latin “Brassica Oleracea var sabellica”, konon daun rebusan Brassica, genus kale, dipercaya dapat menjadi obat pengar (pengaruh mabuk dari minuman beralkohol), pada zaman Yunani kuno.

Kale sendiri kaya akan sulfur, lutein, dan zeaxanthin yang berfungsi sebagai oksidan dalam tubuh, serta dapat menjaga kesehatan mata. Tidak hanya itu, kandungan fitonutrien glucosinolat-nya dapat melindungi tubuh terhadap perkembangan tumor, lho!

Kale juga dipercaya dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah proses pengeroposan, di mana jumlah kalsium pada satu cangkir kale sama dengan secangkir susu. Kandungan lainnya yang tak kalah penting yang ada di dalam tubuh kale adalah flavonoid dan zat besi, yang dapat mengurangi risiko terkena stroke serta membantu peredaran oksigen ke sel-sel tubuh.

Kale juga bahkan mengandung asam lemak Omega-3 yang dapat meningkatkan fungsi kerja dan memori otak secara keseluruhan, sebab satu gelas kale mentah mengandung 33 kalori, 3 gram protein, 2,5 gram serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, asam folat, asam alpha-linolenic, asam lemak Omega-3, lutein, zeaxanthin, fosfor, kalium, kalsium, dan seng.

Namun, sebagaimana halnya apapun yang berlebihan itu tidak baik, mengonsumsi kale secara berlebihan dapat menyebabkan kembung, rongga perut penuh dengan gas, bahkan sembelit.

Jadi, meski Kale baik bagi kesehatan, jangan mengonsumsi secara berlebihan, ya! Ingat! Yang berlebihan itu tidak baik!

2  View all comments
5
2363
post-imageWegrow Admin
Articles

Followed
Rumput Gandum dan Jerawat

Di artikel sebelumnya, kami pernah membahas mengenai manfaat rumput gandum sebagai anti inflamasi. Selain sebagai bahan dasar masker yang dapat menjaga kulit tetap kenyal yang pernah kami muat resepnya, rumput gandum juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif obat jerawat, lho!

Dengan pemakaian teratur, jerawat akan mengering dan tidak meninggalkan bekas. Tentu saja ada syaratnya: selama ada jerawat, kamu tidak boleh mengutak-atik jerawat. Sebab, jika jerawat diutak-atik entah itu dipencet atau digaruk, dapat mengakibatkan luka yang lebih serius. Selain itu, akan meninggalkan noda hitam yang perlu waktu sangat lama untuk hilang.

Untuk membuat obat jerawat, kamu bisa menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut :
1 sendok makan wheatgrass powder atau bubuk rumput gandum*
2 sendok teh jus mentimun**
1 sendok teh air
Kapas

Campur semua bahan menjadi satu. Adonan ini akan sedikit berair. Rendam kapas ke dalam larutan tersebut dan tempatkan kapas tersebut ke area jerawat di wajah kamu. Biarkan sekitar 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan perawatan paripurna, kamu harus mengulangi proses ini sebanyak 2-3 kali dalam sepekan.

*Wheatgrass Powder alias Bubuk Rumput Gandum
Siapkan microgreen rumput gandum yang sudah dipanen. Keringkan dengan cara dijemur atau dipanggang. Bila dijemur, pastikan rumput gandum tetap kering, ya. Potong-potong lalu haluskan menggunakan blender untuk biji-bijian hingga berbentuk bubuk atau tepung. Siap digunakan.

Bagaimana jika tidak punya blender? Setelah dipotong-potong, hancurkan rumput gandum menggunakan lumpang batu hingga lebih halus. Teksturnya tidak akan sehalus jika dihancurkan menggunakan blender, tapi tekstur bubuknya sudah cukup oke untuk digunakan sebagai bahan dasar obat jerawat ini, karena pemakaiannya ditempelkan di wajah, bukan diminum.

**Jus Mentimun
Jika kamu tidak punya blender untuk mendapatkan jus mentimun, kamu bisa menggunakan parutan keju untuk mendapatkan jus mentimun. Teksturnya akan lebih kasar daripada dihancurkan dengan blender, tapi hasil parutannya tetap dapat digunakan sebagai bahan pembuatan obat jerawat ini.

Nah, sebenarnya nggak sulit, bukan? Asalkan kamu rajin dan telaten, pasti dapat khasiatnya! Selamat mencoba!

0  View all comments
4
2362