wegrow
post-imageWegrow Admin
Sayuran & Buah

Followed 1
Tumbuhnya Sebutir Biji

Berkembang biak merupakan salah satu ciri makhluk hidup yang penting. Sebab dengan berkembang biak, makhluk hidup dapat memperoleh keturunan agar tidak punah. Berkembang biak dilakukan baik oleh semua makhluk hidup, termasuk tumbuhan.

Perkembangbiakan pada tumbuhan dilakukan melalui dua cara, yaitu vegetatif atau generatif.

Perkembangbiakan vegetatif dapat dilakukan dengan pertumbuhan tunas, stolon, stek, dan semacamnya.

Sementara itu pada perkembangbiakan generatif, terjadi pertemuan antara sel kelamin jantan dengan betina yang melebur menjadi embrio yang merupakan cikal bakal individu baru. Embrio biasanya dibungkus cadangan makanan dalam bentuk biji.

Biji bermula dari bakal biji. Pada umumnya, biji berisi embrio tumbuhan dan cadangan makanan. Proses biji menjadi kecambah diawali dengan masuknya air pada biji. Masuknya air ini menjadikan kulit biji lebih mudah ditembus partikel, seperti oksigen. Dengan masuknya oksigen ke dalam biji, enzim yang berfungsi mengubah pati menjadi gula sederhana mulai aktif.

Proses perkecambahan biji diawali dengan proses imbibisi atau masuknya air. Proses imbibisi menyebabkan kulit biji lebih permeabel (mudah ditembus oleh partikel) terhadap gas seperti oksigen dan mengaktifkan hormon giberelin yang akan mengaktifkan enzim alpha amilase. Enzim ini berfungsi dalam pemecahan pati menjadi gula sederhana yang menjadi sumber nutrisi bagi embrio tanaman agar dapat bertumbuh. (Evert, 2007).

Perkecambahan dapat teramati saat tumbuhnya tonjolan berwarna putih. Kemudian tumbuh bakal akar (radikula) dan pelindung daun (koleoptil). Selanjutnya akan muncul daun primer, daun sekunder, dan akar sekunder (IRRI, 1994).

Biji membutuhkan kondisi tertentu terkait suhu, sinar matahari, dan kelembapan juga tempat tumbuh yang sesuai untuk dapat memulai proses perkecambahannya. Jika kondisi-kondisi ini sudah terpenuhi, biji akan bertumbuh menjadi tanaman sesuai harapan.

0  View all comments
2
8262