wegrow
post-imageRiska Dwi Noviyanti
Tempe

Followed 1
Bercak Hitam Muncul pada Tempe (Kamis, 05 Agustus 2021)
Kenapa tempe saya ada hitam-hitamnya ? Bercak hitam yang muncul di tempe adalah hal yang lumrah, bercak itam yang muncul itu biasanya jamur yang bersporulasi, jika jumlahnya tidak terlalu banyak tempe masi aman dikonsumsi. Namun, kira-kira apa penyebabnya ?Biasanya permukaan tempe bercak bercak hitam dikarena kan beberapa faktor berikut ini :1. Pembentukan spora kapang akibat oksigen terlalu banyak2. Fermentasi terlalu lama3. Suhu terlalu tinggi4. Kualitas ragi menurun5. Kelembapan yang renda (terlalu kering)Jadi jika teman-teman mau membuat tempe lagi, perhatikan factor-faktor diatas yaa

0  View all comments
1
3973
post-imageWegrow Admin
Tempe

Followed 1
Plant for Beauty

Tanaman diketahui memiliki banyak manfaat mulai dari manfaat pokok seperti menjadi sumber makanan, juga dapat menjadi bahan bakar, obat-obatan, bahkan kosmetik. Penggunaan tanaman sebagai kosmetik sudah digunakan sejak dulu. Selain mudah ditemukan (ada di sekitar tempat tinggal), tanaman yang digunakan untuk perawatan tubuh dipercaya aman dan berkhasiat bagi tubuh.

Beberapa tanaman yang biasa digunakan untuk kosmetik adalah sebagai berikut:

Lidah Buaya

Lidah buaya, berkhasiat melembapkan kulit dan rambut

Ekstrak lidah buaya diketahui mengandung lebih dari 75 jenis nutrisi dan 200 bahan lainnya seperti 20 mineral, 18 asam amino, dan 12 vitamin. Ekstrak lidah buaya memiliki struktur gel yang lengket dan memberikan sensasi dingin. Berkhasiat sebagai anti inflamasi, memperbaiki, mengencangkan, melembabkan, dan melindungi kulit. Ekstrak daun lidah buaya juga biasa digunakan sebagai perawatan rambut.

Daun Teh

Daun teh, berkhasiat mengeringkan jerawat dan mencegah kulit berjerawat

Daun teh merupakan bahan yang termasuk sering digunakan sebagai bahan utama kosmetik. Daun teh diketahui berkhasiat mengeringkan jerawat dan mencegah kulit berjerawat. Daun teh memiliki kandungan zat yang dapat menjadi alternatif zat kimia sintetik penyebab iritasi.

Daun Kelor

Daun kelor, si antiseptik dan exfoliator alami

Daun kelor mengandung antiseptik yang mampu membunuh bakteri dengan cepat. Bagi seseorang dengan alergi, yang kerap merasa gatal saat tubuhnya bereaksi terhadap penyebab alerginya, atau bagi penyintas penyakit kulit seperti herpes, kulit bernanah maupun luka, dapat diatasi dengan daun kelor.

Untuk perawatan wajah keseharian, daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah, sebab daun kelor memiliki khasiat mencegah kerutan di wajah serta mengatasi kerusakan kulit akibat radikal bebas. Jika digunakan secara rutin, kulit akan terasa lebih kencang dan tampak awet muda.

Daun kelor pun dapat berperan sebagai exfoliator, yang membuat bibir halus dan lembap secara alami. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Cukup dengan menghaluskan daun kelor, tempelkan di bibir, tunggu beberapa saat lalu bilas.

1  View all comments
3
6375